7 Aplikasi Android Dalam Bidang Kebencanaan

android-kebencanaan_kecilTinggal di Negeri “Supermarket Bencana”, harus menjadikan kita penduduknya tetap siaga dan tanggap dalam menghadapi bencana. Banyak hal yang bisa kita tempuh untuk mengurangi risiko bencana, salah satunya dengan cara mencukupkan informasi dan pengetahuan kita tentang bencana yang kerap terjadi di negeri ini. Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi komputer dan smartphone terus berkembang dari hari ke hari seperti banyaknya aplikasi android yang beredar di Google Play.

Saat ini, Banyak sekali website/blog yang menyediakan informasi bencana secara langsung namun hal tersebut sering terasa kurang efektif karena komputer (laptop, desktop, dll) tidak bisa mobile seperti smartphone danĀ Komputer Tablet. Sebagai pengguna setia Android šŸ˜‰, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang beberapa aplikasi smartphoneĀ danĀ Komputer Tablet berbasis android yang akan sangat membantu kita dalam upaya pengurangan risiko dan mengenal bencana. Berikut beberapa aplikasi berbasis OS Android yang bisa anda install secara gratis untuk persiapan kita dalam menghadapi bencana.

  • Geospasial BNPB

Geospasial BNPB merupakan sebuah aplikasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia. Aplikasi tersebut terkoneksi dengan situs Geospasial BNPB yang tugasnya membuat peta kawasan terdampak segala jenis bencana yang sedang terjadi.Ā  Aplikasi Geospasial BNPD akan menghadirkan 10 posting terbaru dari peta kawasan terdampak bencana langsung ke smartphone Android anda.

Tampilan Aplikasi Geospasial BNPB di Smartphone Android

Tampilan Aplikasi Geospasial BNPB di Smartphone Android

  • Pantauan Bencana Indonesia

Tampilan Aplikasi Pantauan Bencana Indonesia

Tampilan Aplikasi Pantauan Bencana Indonesia

Pantauan Bencana Indonesia adalah aplikasi ke-dua yang dibuat oleh BNPB. Kalau dalam aplikasi sebelumnya kita bisa melihat peta kawasan terdampak dari bencana yang sedang terjadi, pada aplikasi ke-dua ini kita bisa memantau segala jenis bencana yang sedang dan telah terjadi dalam 1 bulan terakhir. Data lengkap tentang kejadian bencana dalam 1 bulan terakhir semuanya disajikan dalam aplikasi ini dengan teratur dan lengkap. Selain memantau bencana yang terjadi dalam 1 bulan terakhir, dalam aplikasi ini kita juga dapat mengakses data kondisi cuaca terkini di seluruh indonesia serta ilmu dasar tentang kebencanaan.

Aplikasi Pantauan Bencana Indonesia ini juga masih terkoneksi dengan situs geospasial BNPB seperti pada aplikasi pertama di atas. Tampilan aplikasinya sesuai dengan gambar di samping ini. Install dan nikmasi aplikasi ini secara gratis supaya kita bisa memantau dan mengenal bencana langsung dari smartphone.

  • Info Gempa dan Cuaca

Tampilan awal aplikasi Info Gempa dan Cuaca

Tampilan awal aplikasi Info Gempa dan Cuaca

Kalau aplikasi sebelumnya dibuat oleh BNPB, nah…aplikasi yang ini dibuat oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Dalam aplikasi ini, tersedia informasi gempa terkini yang terjadi di seluruh Indonesia, prakiraan cuaca seluruh provinsi di Indonesia, prakiraan cuaca setiap kabupaten di Indonesia, dan prakiraan cuaca dunia.

Untuk informasi gempa bumi akan ditampilkan keterangan mengenai kekuatan (skala richter) dan potensi tsunami. Lalu terdapat juga lokasi titik pusat gempa dari kota terdekat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tim Website BMKG ini juga memiliki fungsi peringatan suara, sehingga pengguna dapat mengetahui adanya informasi yang disampaikan BMKG. Tunggu apalagi, install terus aplikasi ini di smartphone dan tablet anda dan dapatkan informasi terkini tentang gempa bumi dan cuaca…….!!!!!

  • Melek Bencana on Android

QR code Aplikasi Melek Bencana

QR code Aplikasi Melek Bencana

Aplikasi Melek Bencana on Android pertama sekali diluncurkan pada pertengahan tahun 2012. Dalam aplikasi tersebut, tersedia 18 tulisan/artikel terbaru yang bersumber dari Blog Melek Bencana. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi-aplikasi android web/blog lain yang mengharuskan adanya koneksi internet pada saat anda ingin mengakses bacaan atau artikel. Aplikasi ini hanya mengharuskan anda untuk melakukan koneksi internet sekali setelah aplikasinya diinstall untuk mengambil 18 tulisan/artikel terbaru. Setelah semua tulisan masuk dalam aplikasi, anda bisa membacanya kapan saja walaupun smarphone atau tablet anda dalam keadaan offline. Setiap kali ada update tulisan/artikel terbaru dari Blog Melek Bencana, aplikasi ini akan automatis melakukan update artikel ketika anda kembali terhubung dengan internet.

Untuk menginstal aplikasi ini, anda bisa meng-scan QR Code Aplikasi Melek Bencana yang ada di atas atau bisa juga klik link ini Download Aplikasi Melek Bencana. Untuk bisa diinstal di hp anda, sebelumnya harus di centang dulu terima aplikasi luas di pengaturan hp anda.

  • GPS Tracking Pro

Tampilan aplikasi gps tracking pro

Tampilan aplikasi gps tracking pro

Ini adalah aplikasi yang sangat bagus untuk mengetahui keberadaan kerabat/keluarga anda dan saya sendiri termasuk pengguna aplikasi ini. Pada saat keadaan darurat ketika bencana terjadi, anda bisa langsung mengetahui dimana posisi keluarga dan kerabat anda. Dalam aplikasi ini, kita ditawarkan dua opsi penentuan posisi, yang pertama menggunakan satelit GPS yang akurasi radius 5 meter dan yang kedua menggunakan jaringan sinyal handphone yang disediakan oleh provider jaringan komunikasi. Pilihan kedua ini memiliki akurasi yang sangat beragam, untuk kawasan Banda Aceh apabila menggunakan pilihan opsi nomor dua, kesalahan posisinya bisa mencapai 300 meter. Namun untuk sekedar mengetahui keluarga anda berada di kawasan/desa mana saya menyarankan untuk memilih opsi kedua karena opsi kedua ini juga bisa aktif walaupun keluarga/kerabat kita berada dalam ruangan. Opsi pertama yang menggunakan GPS akan sangat akurat posisinya namun tidak akan terdeteksi apabila keluarga/kerabat kita berada dalam ruangan. Untuk tutorial cara penggunaan aplikasi ini, saya akan membahasnya di lain kesempatan.

  • Earthquake Alert!

Tampilan aplikasi Earthquake Alert!

Tampilan aplikasi Earthquake Alert!

Selain aplikasi info Gempa dan Cuaca, saya juga menginstall aplikasi Earthquake Alert! ini. Menurut saya Earthquake Alert! merupakan aplikasi yang sangat bagus dalam memberikan informasi gempa terkini yang bersumber dari data USGS (United States Geological Survey). Menggunakan aplikasi ini, kita bisa melihat kejadian gempa di seluruh dunia yang sedang terjadi mulai dari skala 1 Mw – seterusnya dan ditampilkan dalam peta dunia.

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya tentang gempa yang sedang terjadi, dari aplikasi ini kita bisa langsung konek dengan website USGS. Untuk memantau gempa yang ada diseluruh dunia, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini namun untuk memantau gempa di Indonesia, aplikasi Info Gempa dan Cuaca sudah sangat bagus karena datanya bisa langsung ada setelah beberapa menit gempa terjadi. Aplikasi Earthquake Alert! sedikit memiliki keterlambatan info sekitar 10 menit atau lebih 5 menit dari lambat dari Info Gempa dan Cuaca. Namun untuk pembanding, anda bisa instal kedua aplikasi tersebut.

  • U.S. Army Survival Guide

Kalau sebelumnya saya menawarkan beberapa aplikasi sebelum bencana, aplikasi U.S. Army Survival Guide adalah aplikasi yang sangat berguna dalam keadaan darurat setelah bencana terjadi. Dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali tips dan trik supaya kita bisa survive (bertahan hidup). Tips dan trik yang diberikan antara lain tentang bagaimana membuat tempat tinggal sementara (shelter), menyaring air supaya bisa diminum, membuat api tanpa menggunakan korek api, dan bagaimana membedakan antara tanaman yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan. Ketika kita menjadi orang yang selamat akibat tsunami atau bencana besar lainnya, tentu tips dan trik yang dijelaskan dalam aplikasi ini akan sangat berguna bagi kita untuk bertahan hidup sebelum bala bantuan datang.

Semoga ke-7 aplikasi android dalam pengurangan bencana yang saya jelaskan ini bisa berguna bagi kita dalam upaya pengurangan risiko bencana dan rakyat Indonesia makin siaga dalam menghadapi bencana.

Salam Siaga Dari Aceh……

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta dan pelajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658).

6 Responses

  1. author

    genborneo2 years ago

  2. author
    Author

    Ibnu Rusydy2 years ago

  3. author

    dedy2 years ago

  4. author

    Zakiul Fuady2 years ago

  5. author
    Author

    Ibnu Rusydy2 years ago

Leave a Reply