Bagaimana Tanah Longsor Bisa Memicu Tsunami?

Tanah longsor yang terjadi laut atau di pinggir pantai dapat memicu terjadinya tsunami. Tsunami yang terjadi akibat tanah longsor tersebut biasanya bersifat lokal dan sangat bergantung kepada besarnya tanah longsor.

Pada tahun 2010, gempa bumi melanda Haiti dan menyebabkan tsunami. Setelah diteliti, ternyata tsunami Haiti 2010 tersebut disebabkan oleh tanah longsor yang terjadi di pantai.

Melihat kemungkinan terjadinya tsunami akibat tanah longsor, maka timbul pertanyaan di benak kita, seperti apa kejadian tanah longsor yang memicu tsunami?

Video yang saya ambil dari Youtube di bawah ini akan membantu pembaca setia blog Melek Bencana memahaminya.



Setelah melihat fenomena tanah longsor yang bisa memicu tsunami, bisa kawasan yang berpotensi terjadinya tanah longsor tersebut dideteksi?

Pada artikel Bisakah Potensi Longsor Bawah Laut Dideteksi, saya sudah menjelaskan bagaimana penggunaan metode geofisika untuk mendeteksi kawasan potensi longsor bawah laut.

Semoga artkel  Bagaimana Tanah Longsor Bisa Memicu Tsunami ini bisa menambah wawasan bencana alam anda.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.