Gempa Bumi Kembar Kepulauan Solomon 2014

seismogramHari ini tanggal 13 April 2014, dua bencana alam gempa bumi mengoncang kepulauan Solomon. Kedua gempa bumi tersebut terjadi hanya berselang beberapa jam. Keduanya memiliki kekuatan gempa bumi yang hampir sama dan epesenter juga berdekatan. Pada gempa bumi pertama yang terjadi pada pukul 07:14 waktu Solomon, peringatan tsunami sempat dikeluarkan oleh otoritas setempat dan beberapa kawasan terjadi tsunami hanya beberapa centimeter. Pada gempa kedua yang terjadi pada pukul 23:36 waktu solomon, peringatan tsunami kembali dikeluarkan, lagi-lagi peringatan tsunami dikeluarkan.

Kejadian bencana alam gempa bumi dan tsunami, sudah sering terjadi di kepulauan Solomon. Pada tanggal 1 April 2007 yang lalu, gempa bumi dan tsunami pernah melanda kepulauan Solomon dan memakan banyak korban jiwa. Penjelasan gempa bumi dan tsunami tersebut pernah saya tulis dalam artikel bencana alam tsunami mematikan di abad-21. Melihat kejadian gempa bumi dan tsunami tahun 2007, saya sangat yakin masyarakat kepulauan Solomon sudah sangat siap menghadapi gempa bumi yang bisa menimbulkan tsunami.

Melihat pengalaman pernah dilanda beberapa gempa bumi dahsyat dan tsunami, bagaimana gempa kembar ini bisa terjadi? atau dalam bahasa geologi, bagaimana tatanan tektoniknya sehingga disana sering terjadi gempa bumi dan tsunami. Berikut sedikit uraianya ya..

Tatanan Tektonik Kepulauan Solomon

Tatanan tektonik kepulauan solomon (Sumber: www.volcano.oregonstate.com)

Tatanan tektonik kepulauan solomon (Sumber: www.volcano.oregonstate.edu)

Apabila kita melihat lempeng-lempeng yang berada di sekitar kepulauan Solomon, maka kita akan merasa seperti melihat papan yang patah-patah. Tatanan tektonik kepulauan Solomon sangat komplek. Disana tidak hanya lempeng Australia yang bersubsuksi ke bawah lempeng Pasifik, melainkan ada beberapa lempeng-lempeng kecil yang membelah-belah kepulauan Solomon yang berada di bagian barat Papua Nugini.

Keunikan dan kekomplekan tatanan tektonik kepulauan Solomon dan beberapa pulau yang menjadi bagian negara Papua Nugini dapat dilihat pada gambar di samping. Arah panah yang ada pada gambar menunjukkan arah pergerakan lempengnya.

Di bagian selatan kepulauan Solomon sendiri terdapat 2 lempeng mikro yaitu lempeng laut Solomon dan lempeng Woodlark yang berjumpa dengan lempeng Autralia. Pertemuan lempeng utama yang terdapat di sekitar kepulauan Solomon adalah pertemuan lempeng antara lempeng Australia yang bersubduksi ke bawah lempeng Pasifik. Lempeng Australia bergerak ke arah utara sedangkan lempeng Pasifik bergerak ke arah ke barat. Sumber gempa bumi kembar hari ini adalah robekan atau patahan di lempeng pasifik dan di zona batas antara kedua lempeng tersebut.

gempa bumi kembar

Episenter Gempa Bumi pertama, kedua dan gempa susulan Solomon 13 April 2014.

Gempa Bumi Solomon #1

Mekanisme fokal gempa bumi

Solusi Mekanisme fokal gempa bumi Solomon Pertama 13 April 2014 (Sumber: USGS)

Gempa bumi Solomon pertama, menurut USGS terjadi pada pukul 07:14 waktu setempat dengan episenter berada pada 11.315° LS dan 162.211° BT pada kedalaman 29.3 km dengan kekuatan 7.6 Mw. Akibat Gempa bumi solomon pertama ini, ororitas setempat sempat mengeluarkan peringatan adanya potensi tsunami walaupun pada akhirnya di cancel. Walaupun otoritas setempat sempat mengeluarkan peringatan tsunami, mekanisme sumber gempa bumi pertama ini murni sesar geser yang berarah Baratlaut – Tenggara. Mekanisme sumber ini dapat dilihat pada gambar solusi mekanisme fokal disamping kiri.

Sesar geser kiri yang menjadi sumber gempa bumi solomon pertama tersebut dugaannya terjadi di lempeng pasifik. Menurut USGS, robekan atau patahan sesar geser ini terjadi akibat pergerakan lempeng Australia yang bergerak 95 mm/tahun dan arah penunjam yang miring. Dikarenakan patahan yang berada di bawah ini di lempeng Pasifik ini berupa sesar geser maka mekanisme gempa bumi seperti ini tidak akan menganggu air laut dan tidak akan menimbulkan tsunami besar walaupun gempanya dangkal dan besar.

Kejadian gempa bumi akibat sesar geser yang kuat, pernah terjadi di negara kita tepatnya di Aceh pada tanggal 11 April 2012 lalu, apabila pembaca penasaran seperti apa gempa bumi di laut akibat sesar geser, pembaca bisa baca artikel tersebut disini.

Gempa Bumi Solomon #2

Solusi Mekanisme fokal gempa bumi

Solusi Mekanisme fokal gempa bumi Solomon Kedua 13 April 2014 (Sumber: USGS)

Gempa bumi solomon kedua terjadi malam ini pada pukul 23:36 waktu solomon atau sekitar 19:36 WIB. Gempa bumi solomon kedua ini dicatat oleh USGS berkekuatan 7,4 Mw berada pada episenter 11.451° LS dan 162.069° BT pada kedalaman 35 km. Gempa bumi kedua lebih dalam dari gempa bumi pertama namun mekanisme dan epicenter berbeda dengan gempa pertama namun hampir berdekatan. Gempa bumi solomon kedua terjadi dengan mekanisme sumber sesar naik dan robek sepertinya bukan di lempeng Pasifik melainkan di lempeng Australia.

Dikarenakan mekanismenya berupa sesar atau patahan naik, gempa ini bisa memicu tsunami apabila robekan tepat berada di dasar laut. Peringatan tsunami sampai tsunami ini ditulis belum dicabut.

Semoga artikel Gempa bumi Kembar Kepulauan Solomon ini bermanfaat dan menambah pengetahun bencana alam bagi kita semua.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.