Gempa Italia Agustus 2016, Ternyata Ini Penyebabnya!

gempa italia 2016

Episenter Gempa Italai 24 Agustus 2016 (sumber: USGS)

Di akhir bulan Agustus 2016, gempa bumi yang menelan korban jiwa kembali terjadi. Gempa kali ini terjadi di dekat kota Norcia, Italia dengan skala magnitudo gempa bumi 6,2 Mw (magnitudo moment). Gempa bumi Italia ini terjadi di episenter 42.714°LU   13.172°BT dengan kedalaman 10 Km. Sampai dengan artikel ini saya tulis, tercatat sudah 159 orang dinyatakan meninggal dunia dan masih banyak yang belum diketemukan. Gempa bumi Italia kali ini bukanlah yang pertama, pada tahun 2009, gempa bumi pernah melanda Italia di kota L’Aquila yang menewaskan 300 orang. Malahan setelah gempa bumi L’Aquila pemerintah Italia melakukan kesalahan dengan menangkap ilmuan gempa karena gagal dalam memprediksi gempa. Kejadian gempa L’Aquila pernah saya tulis dalam artikel Kalau Gempa Siapa Yang Salah?. Namun kali ini saya tidak ingin menulis tentang itu, kali ini saya mencoba sedikit menulis tentang apa penyebab gempa hari ini.

Tatanan Geologi Italia dan Penyebab Gempa

patahan di italia

Peta Struktur Geologi Italia (Dimodifikasi Consiglio Nazionale delle Ricerche, 1992; Scrocca, 2006)

Secara tatanan geologi, Negara Italia secara global berada di jalur zona tumbuhkan antara lempeng mikro Adria micro yang bersubduksi di bawah lempeng Eurasia dan zona tumbukan (collision) antara lempeng benua Eurasia dengan lempeng benua Afrika. Zona tumbukan antara lempeng benua dengan lempeng benua menjadi penyebab terbentuknya pergunungan Alpinnines di Italia.

Zona tumbuhkan antara lempeng benua dengan lempeng benua ini memungkinkan terbentuk patahan di sekitar kawasan tengah negara Italia sebagai di tunjukkan pada peta Struktur geologi.

Berdasarkan Analisa dari USGS, penyebab gempa bumi Italia tersebut terjadi akibat mekanisme sumber gempa berupa Patahan Normal yang berarah Barat Laut – Tenggara di pertengahan pergunungan Apennines.

Sejarah Gempa Bumi di Italia

Gempa Bumi Italia taggal 24 Agustus 2016, bukanlah gempa bumi pertama yang mematikan. Berdasarkan sejarah, Italia memiliki banyak sekali kejadian gempa darat yang begitu mematikan.

USGS mencatat bahwa Italia pernah mengalami gempa bumi pada bulan September 1997 yang berkekuatan Mw 6.0 yang posisinya 50 km Barat Laut gempa bumi 24 Agustus 2016 ini. Gempa 1997 tersebut membunuh 11 orang, melukai lebih 100 dan merusak sekitar 80,000 rumah di Marche dan Umbria. Kejadian gempa tahun 1997 merupakan gempa bumi yang berurutan terjadi, orang disana menyebutnya Umbria-Marche seismic sequence. Gempa bumi yang berderetan tersebut sebanyak 8 kejadian gempa dengan magnitudo di atas 5 Mw yang terjadi dalam 2 bulan (September – November) tahun 1997.

Pada bulan  April 2009, sebuah gempa dengan magnituod 6.3 Mw yang berjarak 45 km ke Tenggara dari gempa 24 Agustus 2016 ini. Gempa tersebut terjadi di kota L’Aquila, membunuh sedikit 300 orang , melukai lebih 1,000 dan tanpa rumah sebanyak 55,000 orang atau lebih.

sejarah gempa di italia

Sejarah gempa di Italia dari tahun 1989 – 1998. peta kiri menunjukan gempa yang lebih besar dari 2,4 dan peta kanan memperlihatkan mekanisme fokal gempa-gempa yang lebih dangkal dari 40 Km (Eugenio Carminati, et.al, 2010).

Apabila kita melihat peta di atas, maka dapat dilihat bahwa, gempa bumi banyak terjadi di sekitar kawasan tengah negara Italia. Dari mekanisme fokal yang di sebelah kanan juga memperlihatkan bahwa mekanisme sumber gempa bumii yang banyak terjadi berupa sesar normal (Normal Fault).

Semoga artikel tentang Gempa Bumi Italia 2016 ini bisa menambah ilmu pengetahuan bencana alam bagi pembaca.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.