Gempa Bumi

Sebagai negara yang duduk di atas 3 pertemuan lempeng, tentu kita mengalami banyak sekali kejadian gempa bumi. Gempa bumi yang sering terjadi tersebut tidak mungkin kita hindari namun kita harus tahu berbuat apa sebelum, ketika dan sesudah gempa bumi.

Dalam tulisan ini, saya menyajikan informasi apa itu gempa bumi, seperti apa kondisi tektonik kita, dan yang paling penting, di bagian akhir-akhir tulisan ini saya menyajikan gambar tentang apa yang harus dilakukan sebelum, ketika dan sesudah gempa bumi terjadi.

Semoga tulisan yang saya ambil yang berbagai sumber ini bermanfaat dan menyelamatkan banyak jawa orang Indonesia.

Jangan lupa bagikan tulisan ini di Facebook, Twitter dan media sosial lainnya agar makin banyak teman kita yang terselamatkan.

Apakah gempa bumi itu?

Gempa bumi adalah gejala alamiah yang berupa gerakan goncangan atau getaran tanah yang ditimbulkan oleh adanya sumber-sumber getaran tanah akibat terjadinya patahan atau sesar akibat aktivitas tektonik, letusan gunungapi akibat aktivitas volkanik, hantaman benda langit (misalnya meteor dan asteroid), dan/atau ledakan bom akibat ulah manusia.

Bagaimana Terjadinya Gempa Bumi?

Pada umumnya, gempa bumi disebabkan oleh pergeseran/penyesaran di dalam kerak bumi.

Bumi terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda sifat-sifatnya. Bagian inti bumi mengeluarkan panas secara terus-menerus.

Panas bumi ini menimbulkan energi yang dapat mengakibatkan gerakan pada lapisan bumi.

Gempa bumi terjadi akibat adanya pelepasan energi yang mendadak pada pusat gempa bumi. Pusat-pusat gempa bumi berada di pertemuan lempeng tektonik dan jalur sesar/jalur patahan. Lebih lengkapnya dapat dilihat dalam video gempa.

Di mana pertemuan lempeng tektonik?

Di dunia dikenal adanya cincin api (ring of fire), sedangkan di Indonesia adalah pertemuan lempeng Indo-Australia dan Eurasia serta lempeng Pasifik. Gempa bumi terjadi di kawasan-kawasan pertemuan lempeng tersebut karena lempeng-lempeng tersebut terus bergerak satu sama lain.

tektonik lempeng

Lempeng-Lempeng yang ada di seluruh dunia

Dalam pertemuan lempeng tersebut, lempeng tersebut akan tertahan sehingga ada energi elastis yang tertahan, ketika lempeng tersebut sampai batas daya tahannya, maka lempeng tersebut akan lepas sehingga dalam proses lepasnya ini akan menghasilkan getaran berupa gempa bumi.

Video di bawah ini akan menjelaskan bagaimana interaksi antar lempeng yang menyebabkan gempa bumi dan tsunami

Bagaimana Gempa Bumi Di Indonesia?

Indonesia merupakan kawasan dengan kondisi Tektonik yang cukup aktif di Dunia dan merupakan tempat pertemuan 3 lempeng dunia. Negara Indonesia sendiri duduk di atas lempeng Eurasia atau disebut juga lempeng Eropa Asia.

Dimana saja lempengnya?

Di Sisi Selatan Lempeng Indonesia, terdapat kawasan pertemuan lempeng dimana lempeng Indo-Australia masuk ke bawah lempeng Eurasia.

Masuknya lempeng Samudra (Indo-Australia) ke bawah lempeng benua (Eurasia) dalam ilmu geologi dinamakan pertemuan secara subduksi.

pertemuan lempeng secara subduksi ini telah menjadi menjadikan Indonesia sebagai kawasan yang rawan gempa bumi dan banyak terdapat gunung api.

kawasan-kawasan di seluruh dunia dengan pertemuan lempeng secara subduksi memiliki karakteristik seperti terdapatnya cekungan busur depan dan belakang, busur magmatik (deretan gunung api), busur kepulauan, dan bancuh (Melange).

zona subduksi

Zona subduksi dimana salah satu lempeng masuk ke bawah memiliki karakteristik tersendiri seperti adanya seperti terdapatnya cekungan busur depan dan belakang, busur magmatik (deretan gunung api), busur kepulauan, dan bancuh (Melange)(Sumber: Thompson & Turk, 2013, hal: 193)

Dalam hal sumber daya bencana, zona subduksi akan sangat banyak potensi bencana namun secara sumber daya alam, kawasan subduksi juga akan kaya sumber daya alam. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat tatanan tektonik Indonesia.

tectonic of Indonesia

Tatanan Tektonik Indonesia (Sumber:www.coalminingandgeology.com)

Selain pertemuan lempeng Indo-Australia dengan Eurasia, di bagian utara kawasan timur Indonesia, juga terdapat pertemuan dengan lempeng Filipina dan di bagian utara pulau Irian juga terdapat pertemuan dengan lempeng Pasifik. Akibat interaksi kesemua lempeng ini, Indonesia jadi “supermarket” bencana.

Bacaan Terkait

Mengapa Gempa Bumi menimbulkan Tsunami?

Tsunami merupakan proses akibat terjadinya gempa pada kedalaman fokus yang dangkal, dimana sebagian besar energi terlepas ke kolom air laut di atasnya.

Gempa bawah laut merenggutkan massa besar air laut dalam satu hentakan kuat. Gelombang balik air menerjang dengan kecepatan hingga 800 km/jam.

Pada saat mendekati pantai, gelombang melambat namun mendesak ke atas, menghempas ke daratan, dan menghancurkan apapun di belakang pantai.

Tsunami Aceh yang dipicu oleh gempa bumi 26 Desember tersebut menghantam hampir seluruh pesisir Provinsi NAD dengan kerusakan terparah melanda Banda Aceh hingga pantai barat Sumatera Utara.

Terjangan gelombang menunjukkan arah relatif tegak lurus garis pantai. Pola kerusakan sejajar garis pantai dengan gradasi kerusakan melemah tegak lurus menjauhi pantai. Tingkat kerusakan pada kawasan perkotaan dan/atau pedesaan dibedakan menjadi hancur total, rusak berat, sedang, dan ringan.

Berdasarkan sejarah gempa bumi, kemungkinan terjadinya tsunami di Aceh sangatlah besar. Beberapa ratus tahun lalu, tsunami pernah melanda Aceh, selengkapnya bisa membaca artikel saya tentang sejarah tsunami 2000 tahun lalu di Aceh.

Mengapa Banyak Korban?

Karakteristik gempa bumi yaitu tidak dapat dicegah dan peristiwanya sangat mendadak dan mengejutkan. Bangunan yang ada belum menerapkan sistem bangunan ramah gempa.

Masyarakat tidak banyak memiliki pengetahuan tentang kegempaan. Jika terjadi di daerah graben (misalnya Banda Aceh) yang lapisan batuannya tersusun oleh aluvium belum memadat di bagian atas, batu gamping di bawah permukaan, dan breksi vulkanik di bawah permukaan.

Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat?

Mengenali lingkungan sekitarnya bahwa tempat tinggalnya rawan bencana gempa bumi.

Masyarakat diberikan pengetahuan yang akan lebih bermanfaat ketika terjadi bencana daripada menunggu informasi yang dimunculkan oleh lembaga yang berwenang. Masyarakat akan selalu penuh dengan kewaspadaan. Untuk tingkat desa, masyarakat desa bisa Membentuk Desa Siaga Bencana.

Persiapan Sebelum Gempa Terjadi

Sebenarnya gempa yang kerap terjadi di tempat kita tidaklah berbahaya dan membunuh namun runtuhan bangunan, longsor dan tsunami lah yang membunuh. Untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana alam gempa bumi, berikut ini ada beberapa cara agar selamat dari gempa bumi menuju SafeSteps.Com.

tas siaga bencana

Sumber gambar: safesteps.com

jalur evakuasi

Sumber gambar: safesteps.com

  • Mengikat lemari, rak piring dan segala perabotan ke dinding, hal ini dilakukan agar ketika gempa bumi terjadi, barang-barang anda tidak jatuh menimpa anda.
persiapan sebelum gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Siapkan alat pemadam api ringan.
alat pemadam api ringan

Sumber gambar: safesteps.com

Persiapan Ketika Gempa Terjadi

Ketika gempa bumi terjadi, berusahalah untuk tetap tenang agar bisa berpikir jernih. Jangan ikut panik karena akan membuat keadaan semakin kacau. Dengan bersikap tenang, anda akan tahun langkah penyelamatan diri seperti apa yang harus dilakukan.

Ketika Gempa di Dalam Rumah

Lakuran hal berikut ini apabila ketika gempa terjadi anda sedang berada di dalam rumah;

  • Menjauh dari jendela kaca dan benda-benda lain yang kemungkinan bisa jatuh.
gempa dalam rumah

Sumber gambar: safesteps.com

  • Apabila terjadi kebakaran, gunakan alat pemadam api ringan.
kebakaran akibat gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Pastikan semua pintu terbuka, untuk memudahkan anda keluar dari ruangan
persiapan sebelum gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Apabila anda sedang berada di tempat tidur, tutup kepala anda menggunakan bantal untuk menghindari benda-benda yang akan berjatuhan.
aman dari gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Apabila gempa bumi dirasakan sangat kuat, segera merangkak dan cari tempat perlindungan.
berlindung dari gempa

Sumber gambar: safesteps.com

agar selamat dari gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Pegang kaki-kaki meja supaya mejanya tidak bergeser dan tetap melindungi anda.
gempa bumi

Sumber gambar: safesteps.com

  • Setelah goncangan gempa bumi berhenti, segera keluar dari ruangan dan menuju ke tempat terbuka.
setelah gempa bumi

Sumber gambar: safesteps.com

Ketika Gempa di Gedung Bertingkat

Apabila ketika gempa bumi terjadi, anda berada di dalam gedung bertingkat, maka lakukan ini:

  1. Tunggu waktu yang tepat untuk keluar: ketika gempa terjadi, jangan panik dan terburu-buru untuk segera keluar.
  2. Tunggu gempa reda, setelah itu segera keluar.
  3. Lindungi wajah dan kepala dari pecahan kaca yang bisa terlontar ke segala arah. Cari kain, baju, jaket tebal, atau tas untuk melindungi kepala dan wajah.
  4. Jangan gunakan Lift. ketika gempa sudah reda, sebaiknya tetap mengunakan tangga darurat.
  5. Jangan berdiri di samping benda berat. Karena jika benda tersebut roboh, keselamatan anda akan terancam.
  6. Jangan berlindung di dapur, karena di dapur ada tabung ga, banyak benda-benda pecah belah, serta benda-benda tajam.
berlindung dari gempa

Lakukan rumus aman gempa dan jangan gunakan Lift (Sumber: http://timesofindia.indiatimes.com)

Ketika Gempa di Mall atau Gedung Bioskop

Apabila anda berada di Mall atau Gedung Bioskop ketika gempa terjadi, maka lakukan ini:

  1. Tetap tenang dan jangan panik, ikuti petunjuk dari pengolala gedung.
  2. jangan menggunakan Lift, jika saat gempa anda berada di dalam Lift, segera tekan semua tombol. Saat lift berhenti dan terbuka, pastikan situasi di luar dalam keadaan aman.
  3. Jika terjebak  dalam Lift, ketuk pintu atau dinding Lift sesering mungkin untuk memancing perhatian Tim Penolong. Gunakan interphone yang ada untuk menghubungi pengelola.

Ketika Gempa di Lingkungan Pabrik

Ketika gempa terjadi anda berada di lingkugan pabrik, segera ambil sikap ini:

  1. Segera bergegas menuju area evakuasi.
  2. Ikuti jalur evakuasi dan petunjuk petugas berwenang.
  3. pastikan tidak ada bahaya lain selain kerusakan bangunan, seperti kebocoran gas beracun. Apabila ini terjadi, segera mengungsi sampai jarak aman. Tetap gunakan masker untuk meminimalisir gas beracun terhirup.
  4. Jika tidak memungkinkan keluar ruangan, maka jalan terbaik adalah menggunakan Rumus Aman gempa

Rumus aman ketika gempa adalah: (1) Berlindung. (2) Berbaring. (3) Diam

Ketika Gempa di dalam Bus Kota atau Kereta Api

Apabila ketika gempa terjadi, anda sedang melakukan perjalanan dengan Bus atau Kereta Api. Segera lakukan ini:

  1. Berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik.
  2. Berpegang dan merapatlah pada benda sekitar.
  3. Lindungin kepala dan tubuh dari benda yang mungkin jatuh dari atas kabin bus bota atau kereta api.
  4. ikuti petunjuk pengendara.

Ketika Gempa di Luar Ruangan

Tenang dan Jangan panik (sumber: http://tx.english-ch.com/teacher/myles/level-b/earthquake-safety-tips/)

Tenang dan Jangan panik (sumber: http://tx.english-ch.com/teacher/myles/level-b/earthquake-safety-tips/)

Apabila ketika gempa, anda berada di luar ruangan. Segera lakukan ini:

  1. Cari tanah lapang yang cukup aman dari jangkauan bangunan apabila runtuh, lalu diam di sana sampai getaran gempa bumi berhenti.
  2. Jangan mencoba masuk rumah, sebaiknya peringatkan orang yang berada di dalam rumah untuk segera keluar atau melakukan Rumus Aman Gempa apabila situasi tidak memungkinkan untuk keluar dari ruangan.
  3. Jangan berdiri di dalan, atau di bawah juntaian jaringan listrik atau kebel telepon.
  4. Jangan berdiri di dekat atau di bawah pohon besar, tiang dan tower.
  5. Setelah gempa berhenti, jangn buru-buru masuk ke dalam ruanga.

Ketika Gempa di Perbukitan atau Gunung

Apabila anda sedang melakukan aktifitas di pergunungan dan terjadi gempa, maka segera lakukan sikap ini:

  1. Ingat, bahwa gempa bumi bisa memicu terjadinya tanah longsor.
  2. Pastikan struktur tanah kuat, dan tidak mengalami perubahan seperti sebelum gempa bumi terjadi, pastikan pula tempat berlindung.
  3. Waspada dan cermati setiap saat pergerakan perpohonan, terutama yang besar, yang mungkin runtuh dan menimpa kita.

Tindakan Ketika Terjebak Dalam Reruntuhan

Ketika gempa berhenti dan anda berada dalam kondisi terjebak di dalam reruntuhan, maka lakukan ini:

  1. Jangan menyalakan Api, karena bisa memicu kebakaran. Pastikan mendapatkan arah cahaya, kerena itu menunjukkan arah keluar.
  2. Jangan terlalu banyak bergerak untuk menghemat tenaga. Ingat, banyak bergerak hanya menyebabkan debu beterbangan dan membuat suasana semakin gelap, sehingga pandangan dan pernafasan menjadi terganggun.
  3. Tutup Mulut dan hidung dengan kain agar terhindar dari debu atau gas beracun yang mungkin muncul.
  4. Ketuk-ketuk reruntuhan dinding, pipa, dan beda apa saja untuk memancing perhatian tim penolong.
  5. Jangan terlalu sering berteriak, karena akan membuat energi cepat terkuras. Terikan adalah pilihan terakhir untuk memancing perhatian tim penolong.

Persiapan Setelah Gempa Terjadi

Lakukan ini setelah gempa terjadi:

  • Apabila berada di gedung bertingkat, segera turun menggunakan tangga dan dilarang menggunakan elevator.
setelah gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Jangan mendekati dan masuk ke dalam bangunan sudah rusak akibat gempa bumi.
rumah rusak akibat gempa

Sumber gambar: safesteps.com

  • Apabila anda merasakan gempa bumi susulan, segera lakukan “Merangkak, Berlindung ke bawah meja, dan Pegang kaki meja.
drop cover hold

Sumber gambar: safesteps.com

  • Jangan dulu kembali ke tempat anda tinggal sebelum pihak terkait (pemerintah) memastikan kawasan rumah anda aman dan tidak ada potensi tsunami.

fl-bp-1

Teknik Evakuasi dan Tempat Pengungsian

Selama proses evakuasi berlangsung, sebaiknya berjalan kaki dan hanya membawa barang yang benar-benar penting. Terutama bekal makanan dan minuman serta alat komunikasi.

Jangan membawa  barang-barang yang tidak bergitu diperlukan karena hanya akan memperberat beban, serta membuat tempat pengungsian menjadi lebih sesak.

Selain itu, selama tinggal di posko pengunsian, jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar perkembangan bencana, berikut penangganannya oleh pemerintah, serta jangan lupa untuk selalu mematuhi saran dan instruksi dari pihak-pihak berwenang.

Untuk lebih lengkapnya tentang apa yang harus dilakukan sebelum, ketika dan sesudah gempa bumi, silahkan nonton video berikut ini.

Untuk memudahkan memahami kesemua tips di atas, pihak SafeSteps.Com juga menyediakan video, berikut videonya.

Gempa Terkini

Saat ini kita bisa mengetahui informasi gempa hari ini yang terjadi di Indonesia ataupun di seluruh dunia, Berikut ini peta gempa terkini di Indonesia.

Peta Gempa Hari Ini di Indonesia

gempa hari ini

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang informasi gempa terjadi. Saya menyediakan halaman Gempa Hari Ini di website ini. Silahkan Klik halaman Gempa Hari Ini untuk melihat informasi gempa Indonesia dan dunia.

Sumber:

  1. http://piba.tdmrc.org
  2. http://safesteps.com/Indonesian/natural-disasters/earthquake/
  3. Buku SAR Goes To School, penerbit Badan SAR Nasional

Perdalam ilmu Bencana Alam dengan membaca Artikel Gempa Bumi lainnya di link ini www.ibnurusydy.com/tag/gempa-bumi/