IAGI Mendukung Pemberantasan Korupsi di Sektor Industri SDA

LogoIAGI-300x300Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam press release, Rabu 14 Agustus 2013, menyatakan  terjadinya dugaan korupsi yang dilakukan oleh  mantan Kepala SKK Migas.

Mengingatkan pertemuan yang pernah dilakukan antara KPK dengan berbagai institusi (termasuk IAGI) tentang upaya pemberantasan korupsi di sektor energi, IAGI menyatakan mendukung seluruh upaya pemberantasan korupsi di negeri ini, khususnya sektor energi. Upaya pemberantasan korupsi di sektor energi untuk membangun pengelolaan sumber daya alam (SDA) Indonesia untuk tujuan sebesar-besar kesejahteraan rakyat, tentu memperlukan dukungan seluruh komponen masyarakat,khususnya komunitas yang terlibat langsung dalam industri sumber daya alam (termasuk IAGI).

Pengelolaan sumberdaya alam merupakan kegiatan strategis Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tidak terbatas hanya pada minyak dan gas bumi, tetapi berbagai aktifitas lainnya seperti pertambangan, panas bumi dll.

Menyadari sumber daya alam merupakan kekayaan yang dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia, IAGI menyerukan agar penyelenggaraan usaha serta pengelolaan bahan-bahan sumberdaya alam termasuk minyak dan gas bumi dapat dilakukan secara lebih profesional, transparan, serta mengharuskan tata kelola perusahaan yang terbaik.

Sebaliknya dari sisi regulasi (pemerintah), agar proses perijinan serta berbagai peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, dapat diselenggarakan dengan lebih terbuka serta menutup kemungkinan munculnya ruang untuk melakukan praktek korupsi. Untuk itu, diperlukan pembenahan atas tumpang tindih kepentingan, komunikasi lintas sektoral terbangun lebih baik, untuk dapat lebih  mencegah munculnya berbagai celah praktek korupsi, kolusi.

Pada momentum ini, IAGI mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan usaha industri sumber daya alam, khususnya minyak dan gas bumi (pengusaha, pemerintah dan masyarakat) untuk lebih mengedepankan konsistensi serta komitmennya untuk menghindari munculnya praktek korupsi, suap dan gratifikasi lainnya.

Akhirnya, dengan dukungan penuh seluruh komponen masyarakat, pengelolaan sumberdaya alam (termasuk minyak dan gas bumi), dapat dilakukan dengan bersih, profesional dan transparan, sehingga menghasilkan kinerja yang cemerlang untuk sebesar-besar kesejahteraan rakyat.

 

Ikatan Ahli Geologi Indonesia – (IAGI)

Ketua Umum,

 

Rovicky Dwi Putrohari

Sumber: http://www.iagi.or.id/press-release-iagi-mendukung-pemberantasan-korupsi-di-sektor-industri-sda.html

author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.

One Response

  1. author

    Glutera4 years ago

Leave a Reply