Mengenal dan Merancang Tas Siaga Bencana

Secara Geografis dan Geologi, negara kita berada kawasan yang sangat rawan terhadap bencana gempa bumi, letusan gunungapi, tanah longsor, banjir genangan, banjir bandang, angin puting beliung, dan lain-lain. Sahabat semua juga jangan heran apabila banyak negara lain mengistilahkan Negara Indonesia sebagai “Supermarket”-nya bencana (mau beli bencana apa aja ada di Indonesia). Istilah tersebut bukan tanpa dasar, tentu istilah itu timbul setelah adanya kajian dari berbagai aspek seperti geologi, geomarfologi, geografi, iklim dan lain sebagainya.

Siaga Bencana

Sebagai warga negara yang baik dan mencintai sesama, tentu kita tidak ingin bencana alam, non-alam dan sosial terjadi di Indonesia. Namun alam kita telah mengajarkan bahwa beberapa bencana tidak dapat dicegah dan kita harus bersabahat dengannya serta selalu siaga apabila bencana datang. Oleh karena itu setiap warga Indonesia dituntut memiliki sikap kesiapsiagaan terhadap berbagai jenis bencana dengan selalu Siaga Bencana.

Sikap kesiapsiagaan merupakan sebuah sikap dimana kita membuat rencana dan tahu harus berbuat apa sebelum, ketika dan sesudah bencana terjadi. Beberapa desa yang ada Indonesia mungkin sudah memiliki predikat Desa Siaga Bencana hampir sebagian warganya mungkin sudah memiliki yang Tas Siaga Bencana. Apa itu Tas Siaga Bencana???? mari kita simak pembahasan saya berikut ini…

Tas Siaga Bencana

Memiliki sebuah Tas Siaga Bencana merupakan sebuah keharusan bagi anda yang tinggal di kawasan rawan bencana. Tas Siaga Bencana adalah sebuah tas yang disiapkan sebelum terjadinya bencana. Jadi sebelum terjadinya bencana kita harus memiliki sebuah tas yang diisi dengan barang penting dan keperluan pribadi kita. Tas tersebut diletakkan pada tempat yang mudah diambil. Ketika gempa besar atau bencana lainnya terjadi terjadi, maka kita tinggal mengambil Tas Siaga Bencana dan langsung melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi apabila kita tinggal sekitar pesisir laut atau ke tempat yang lebih aman. Apa saja yang harus diisi dalam Tas Siaga Bencana??

Tas Siaga Bencana diisi dengan:

Surat-surat penting seperti:

  1. Surat Tanah
  2. Surat Kenderaan
  3. Ijazah
  4. Akte kelahiran anda dan anak
  5. Passport
  6. Buku Nikah
  7. Dan surat-surat penting lainnya.

Selain diisi dengan surat-surat penting, dalam Tas Siaga bencana juga harus diisi dengan peralatan pendukung seperti:

  1. Kotak P3K plus isinya…..(kalo tidak ada isi ya sama saja..heheheheeeee)
  2. Senter/lampu kepala (headlamp)
  3. Jas Hujan (siapa tahu bencananya terjadi ketika hujan deras)
  4. Radio untuk mendengar perkembangan terbaru ketika kita berada di tempat evakuasi/aman.
  5. Pakaian untuk 3 hari
  6. obat-obat pribadi
  7. Air Mineral.
  8. Makanan Ringan yang tahan lama.
  9. Dan segala keperluan lainnya.


Beberapa keluarga yang tinggal di kawasan rawan bencana mungkin sudah memiliki Tas Siaga Bencana namun sering kali Tas tersebut belum memenuhi standar sebuah Tas Siaga Bencana karena selain kapasitasnya kecil dan sering kali kita juga susah mengatur letak barang kita karena kantong tas yang tidak banyak dan tidak khusus.  Jadi saya merekomendasikan kepada warga Indonesia yang tinggal di kawasan rawan bencana supaya segera memiliki Tas Siaga Bencana yang sesuai dengan kondisi anda.

Semoga kita makin Sigap, Tanggap, dan Siaga apabila terjadi bencana alam.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.

2 Responses

  1. author

    Okezone5 years ago

  2. author

    metropolis5 years ago

Leave a Reply