Mengungkap Fakta Kerusakan Yang Disebabkan Gempa Bumi-3

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang kerusakan yang disebabkan oleh gempa yang berupa tanah longsor, Likuifaksi, dan Amplifikasi, pada tulisan lanjutan ini, saya akan membahas tentang kerusakan yang disebabk oleh gempa bumi berupa Kebakaran, Tsunami dan Penyakit Menular. Ketiga jenis kerusakan ini merupakan bencana ikutan setelah gempa bumi terjadi.

Kebakaran Setelah Gempa Bumi

Hampir semua negara maju sudah memiliki sistem jaringan pipa untuk memasok gas ke rumah-rumah penduduk, perhotelan, restoran, perkantoran dan lain sebagainya. Sistem ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di negara maju.

Jaringan gas yang sudah sangat bagus ini bisa menjadi bencana ikutan setelah gempa bumi terjadi. Ya,, kebakaran akibat rusaknya pipa akibat gempa bumi yang melanda kota tersebut.

Kejadian kebakaran setelah gempa bumi, sudah pernah terjadi di beberapa kota besar. Gempa San Fransisco tahun 1906 merupakan salah satu contoh kejadian kebakaran akibat gempa bumi.

kebakaran gempa kobe

Kebakaran akibat gempa Kobe 1995 (Sumber: http://www.japantimes.co.jp)

Selain itu, gempa bumi jepang di Kobe tahun 1995 juga telah menyebabkan kebakaran yang sangat dashyat. Kerusakan akibat kebakaran ini jauh lebih besar dibandingkan dengan kerusakan akibat gempa bumi itu sendiri.

Tsunami Akibat Gempa Bumi

Sebagian besar kejadian tsunami disebabkan oleh gempa bumi dengan magnitudo yang besar, dangkal dan mekanisme patahan naik atau turun.

Tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 merupakan kejadian tsunami yang paling dahsyat di abad ke 21.

Proses kejadian tsunami akibat gempa bumi

Dalam website ini sendiri, ada sekitar 17 artikel yang membahas tentang kejadian tsunami di seluruh dunia. Para pembaca dapat mengklik link Artikel Tsunami, untuk membacanya.

Artikel tsunami yang menarik untuk dibaca antara lain.

  1. 23 Tragedi Bencana Tsunami di Indonesia Sejak 1961 – 2010

  2. Menelusuri Jejak Mega Tsunami Aceh Sejak 2000-an Tahun Lalu

  3. Tsunami Aceh 2004 VS Tsunami Aceh 1907

  4. Sejarah & Sumber Bencana Alam Tsunami di Indonesia

  5. 6 Bencana Alam Tsunami Mematikan di Abad-21

  6. Bagaimana Cara Memantau Gelombang Tsunami

Tsunami Aceh 2004

Penyakit Menular

Penyakit menular merupakan dampak bencana ikutan gempa bumi yang dapat terjadi dalam waktu yang lama.

Berbeda dengan kebakaran yang mungkin terjadi beberapa jam atau hari setelah gempa bumi, namun penyakit menular bisa terjadi 1 minggu setelah gempa bumi sampai berbulan-bulan.

Oleh sebab itu, penanganan korban gempa bumi dan efek dari gempa bumi harus dilakukan secara teliti dan komprehensif sehingga tidak timbulnya wabah penyakit akibat, tercemarnya air, bocornya limbah pabrik, limbah nuklir, wabah dari korban yang meninggal, dan lain sebagainya.

Semoga artikel yang ber-Seri ini bermanfaat dan menambah wawasan ilmu bencana alam bagi kita.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.