Perbaiki Arah Kiblat Kita: 27 Mei 2012

Beberapa hari yang lalu saya pernah menulis tentang metode-metode menentukan arah kiblat, salah satu metode yang sangat mudah digunakan adalah metode bayangan matahari. Dalam setahun, matahari tepat diatas ka’bah terjadi dua kali yaitu pada tanggal 28 Mei pukul 16.18 WIB (12:18 waktu Saudi) dan pada tanggal 16 Juli pukul 16.27 WIB (12:27 waktu Saudi), kecuali pada tahun kabisat maka hari penentuan arah qiblat maju satu hari yakni 27 Mei dan 15 Juli. Pada saat itu semua bayangan benda yang berdiri tegak lurus akan menghadap ke arah ka’bah di Makkah.

Tahun 2012 merupakan tahun kabisat sehingga tanggal 27 Mei 2012 (besok) pukul 16:18 Wib, adalah waktu untuk untuk kita ummat Islam mengkoreksi arah kiblat kita selama ini. Koreksi ini perlu dilakukan bagi tempat shalat (mesjid, surau, dan rumah) yang tahun-tahun sebelumnya belum pernah dikoreksi. Kalau tahun lalu sudah dilakukan maka tahun ini tidak perlu dilakukan lagi. Pembetulan ini dilakukan untuk memastikan kita menghadap ke Arab Saudi atau tanah haram ketika kita shalat dan bukanya menghadap ke negara lain.

Cara menentukannya bisa menggunakan tali yang sudah diikatkan bandul atau menggunakan tongkat seperti gambar 1.

kiblat dengan bayangan matahari

Gambar 1. Cara menentukan kiblat dengan metode bayangan Matahari.

Penggunaan tali dan bandul sangat efisien karena talinya akan sangat tegak lurus dan akan menghasilkan arah kiblat yang sangat akurat namun harus dipastikan bahwa talinya harus besar (>1 cm) untuk memastikan terbentuknya bayangan. Karena apabila talinya terlalu kecil, ditakutkan bayangannya tidak begitu nampak. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menancapkan tiang namun harus dipastikan bahwa tiang tersebut betul-betul tegak lurus sehigga bayangan yang dihasilkan akurat. Metode penentuan kiblat menggunakan bayangan matahari bisa digunakan oleh seluruh negara yang bisa melihat matahari ketika matahari tepat berada di atas ka’bah. Pada gambar 2 di bawah ini diperlihatkan negara-negara yang bisa menentukan kiblat pada waktu tersebut.

peta negara negara yang bisa menggunakan metode bayangan

Gambar 2. Negara-negara yang bisa menentukan arah kiblat pada waktu tersebut (sumber: http://www.republika.co.id)

Semoga tulisan ini bermanfaat dan mudah-mudahan besok tanggal 27 Mei 2012 pada pukul 16:18 wib cuacanya cerah dan tidak mendung karena apabila mendung kita harus menunggu lagi fenomena ini pada tanggal 15 Juli 2012 pukul 16:26 wib.

Semoga artikel cara memperbaiki arah kiblat ini bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.