SafeSteps.Com: Bagaimana Agar Selamat Dari Angin Topan?

Safe StepsSafeSteps.Com merupakan sebuah website yang dibangun oleh National Geography bekerjasama dengan Prudence Foundation. Website SafeSteps.Com dibuat dikarenakan dalam 4 dekade terakhir, hampir 75% bencana alam di dunia terjadi di Asia Pasifik. Website tersebut berisikan informasi tentang bagaimana agar selamat dari bencana alam untuk masyarakat Asia Pasifik dan masyarakat di belahan bumi lainnya. Website SafeSteps.Com mengambil petinju asal Filipina Manny Pacquiao sebagai Duta Program tersebut.

Melihat informasi yang sajikan oleh website tersebut sangat bagus, maka pada kesempatan kali ini Blog Melek Bencana mencoba sedikit mengupas informasi apa saja yang terdapat di website SafeSteps.Com. Untuk artikel pertama, mari kita kupas, bagaimana cara agar selamat dari angin topan versi SafeSteps.Com.

Persiapan Menghadapi Angin Topan

Secara definisia, wikipedia mencatat Angin topan sebagai pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca. Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam. 

Dalam upaya menyelamatan diri dari Angin Topan tersebut, berikut ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan:

  1. Memasukkan semua barang-barang penting ada ke dalam sebuah tas atau Tas Siaga Bencana. Apa saja yang harus dimasukkan ke dalam Tas Siaga Bencana? artikel ini akan membantu anda http://www.ibnurusydy.com/mengenal-dan-merancang-tas-siaga-bencana/
  2. Membuat atau merencanakan jaluar evakuasi yang aman dari tempat anda ke tempat evakuasi. Penentuan jalur evakuasi ini bisa dilakukan dengan menerapkan prinsip School Watching yang pernah saya jelaskan pada artikel ini http://www.ibnurusydy.com/school-watching-bentuk-upaya-prb-di-sekolah/
  3. Apabila anda tinggal di kawasan pinggir pantai, segeralah lari ke tempat yang lebih tinggi dengan cara melalui jalur evakuasi yang sudah anda tentukan sebelumnya.
  4. Atau bisa juga lari ke mercusuar yang kuat di dekat tempat anda tinggal.
  5. Pastikan rumah anda cukup kuat untuk menahan angin topan.
  6. Barang-barang penting seperti obat-obatan, air mineral, makanan ringan, dll berada jauh dari lantai. Hal ini dilakukan untuk menghindari dari genangan air yang mungkin masuk ke dalam rumah anda.
  7. Potonglah ranting-ranting dan dahan-dahan pohon di sekitar tempat anda tinggal. Sering kali angin topan tidak pernah membunuh, tapi yang membunuh dan merusak adalah ranting dan dahan pohon yang patah.
  8. Perbaiki atap rumah anda yang mulai bocor dan lemah secara berkala.

Ke-delapan tips tersebut diilustrasikan oleh gambar-gambar di bawah ini.

fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1

Persiapan Ketika Angin Topan Terjadi

Ketika Angin Topan terjadi, lakukanlah beberapa hal berikut;

  1. Pastikan barang-barang yang mudah terbawa angin diletakkan di tempat aman karena benda-benda yang ringan tersebut bisa berterbangan dengan mudah dan melukai anda
  2. Perkuat jendela anda dengan cara memasang kayu atau diikat dengan tali dan ditutup plastik serta pastikan beberapa karung pasir/tanah diletakan di pintu untuk menghindari masuknya air.
  3. Dengarkan siaran televisi dan radio untuk memastikan anda mendapatkan informasi perkembangan terbaru angin topan yang melanda daerah tempat anda tinggal. Jika angin topan yang melanda akan sangat kuat, segera lakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.
  4. Jika diberitakan angin topan tidak begitu kuat dan anda bisa tetap tinggal di rumah, pastikan anda duduk atau berdiri jauh dari pintu, jendela dan benda-benda yang mudah jatuh lainnya.

Ke-tempat persiapan ketika angin topan terjadi diilustrasikan oleh gambar di bawah ini.

fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1

Larangan Setelah Angin Topan

Setelah bencana alam Angin Topan menimpa kawasan tempat anda tinggal, berikut ini ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan;

  1. Jangan mendekati dan masuk ke dalam rumah yang rusak akibat angin topan.
  2. Jangan mendekati kabel listrik yang terputus akibat badai dan lain sebagainya.
  3. Jangan meminum dan hati-hati terhadapa air yang sudah tercemar.
  4. Apabila tidak mendesak, jangan memindahkan atau mengangkat korban angin karena kesalahan dalam mengangkat korban akan mengakibatkan cedera yang lebih parah. Tunggulah pihak medis yang akan menolong anda.

Ke-empat hal tersebut di atas diilustrasikan oleh gambar di bawah ini.

fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1fl-bp-1

Untuk memudahkan memahami kesemua tips di atas, pihak SafeSteps.Com juga menyediakan video, berikut videonya.

Semoga semua tips agar selamat dari angin topan di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang Bencana Alam

Ibnu Rusydy

Baca Juga: SaferStep.Com: Bagaimana Cara Agar Selamat Dari Gempa Bumi?

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.