SafeSteps.Com: Bagaimana Agar Selamat Dari Kebakaran

tip kebakaranMelanjutkan artikel tentang cara-cara agar selamat dari berbagai bencana alam versi SafeSteps.com, kali ini saya ingin membahas bagaimana cara agar selamat dari bencana kebakaran versi SafeSteps.com. Kebakaran merupakan bencana non-alam yang sering kali terjadi di sekitar lingkungan kita tinggal. Kebakaran rumah atau bangunan lainnya akan menimbulkan kerugian harta benda dan jiwa. Agar selamat dari bahaya kebakaran tersebut, website Safesteps.com memberikan beberapa tips. Berikut ini tips agar selamat dari kebakaran menurut Safesteps.com;

Persiapan Sebelum Kebakaran

Sebelum kebakaran terjadi, pastikan diri anda:

  1. Sudah mengemasi semua barang-barang penting anda dalam tas siaga bencana. Dalam artikel ini saya sudah menjelaskan tentang apa saja yang harus dimasukkan ke dalam tas siaga bencana. Untuk membaca artikel tersebut silahkan klik link ini.
  2. Sudah mengetahui jalur evakuasi di dalam rumah anda.
  3. Melakukan pengecekan secara berkala sistem alarm di rumah anda apabila anda memilikinya.
  4. Menempatkan alat yang menjadi penyebab kebakaran pada tempatnya. Lilin, rokok dan alat lain bisa menjadi penyebab kebakaran harus selalu diawasi.
  5. Pastikan anda memiliki alat pemadam kebakaran seperti racun api, seember pasir atau seember air. Ketika saya berkunjung ke kota Kyoto Jepang, di depan masing-masing rumah disana tersedia seember air yang siap digunakan apabila ada potensi kebakaran. Artinya api yang masih kecil bisa langsung dipadamkan dengan air tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, tip-tip tersebut dijabarkan dalam gambar berikut ini.

001002003004005006007008

Penulis ketika berkunjung ke Kyoto menemukan di depan rumah masyarakat Kyoto terdapat ember berisi air untuk memadamkan api

Penulis ketika berkunjung ke Kyoto menemukan di depan rumah masyarakat Kyoto terdapat ember berisi air untuk memadamkan api

Lakukan ini Ketika Terjadi Kebakaran

Ketika terjadi kebakaran, lakukan tip-tip berikut ini:

  1. Apabila baju ada terbakar, segera diam, menunduk dan berguling-guling di lantai untuk memadamkan api
  2. Apabila rumah anda terbakar dan anda masih berada di dalam rumah, segera merangkak untuk menghindari terhirup asap dan cari jalan keluar. Posisi merangkak harus dilakukan karena asap akan selalu naik ke atas, apabila berdiri maka kita akan terhirup asap dan bisa menyebabkan gangguan konsentrasi dan pingsan.
  3. Segera nyalakan alarm atau bunyikan kentongan untuk memanggil warga sekitar.
009010011Fire_smoke013014015016

Untuk lebih lengkapnya, Safesteps.com juga menyediakan video bagaimana agar kita selamat dari kebakaran di YouTube. berikut ini cuplikan video tersebut.

Bagi yang anda yang tidak dapat menonton video tersebut di website Melek Bencana, silahkan berkunjung ke link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=PmrZRY0zmBU.

Semoga artikel tentang Tip Agar Selamat dari Kebakaran ini bermanfaat dan bisa menyelamatkan banyak jiwa.

Wassalam,

Ibnu Rusydy

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.