Ternyata Ini Penyebab Gempa Bumi di Indonesia Sering Terjadi

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kejadian bencana terbanyak di dunia. Beberapa orang luar mengenal Indonesia sebagai “supermarket” bencana.Mau bencana apa saja ada di Indonesia, termasuk salah satunya gempa bumi yang tiap hari terjadi di Indonesia.

Beberapa gempa yang tiap hari terjadi di Indonesia tidak kita rasakan namun terekam oleh stasiun pengamat gempa BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apa kira-kira penyebab sehingga negara kita kaya akan gempa bumi yang saban hari terus terjadi dan tanpa bisa kita prediksi?

Kondisi Tektonik Indonesia

Indonesia memiliki kondisi tektonik yang sangat komplek sehingga Indonesia miliki sejarah bencana yang panjang akibat kondisi tektonik ini. Gempa bumi, tsunami, dan gunung api merupakan bencana yang secara langsung terkait dengan komplesitas tektonik di Indonesia.

Di lihat dari sisi tektonik lempeng, di sisi barat pulau Sumatra, pulau Jawa, Bali, NTT, dan NTB terdapat zona pertemuan lempeng antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Lempeng Indo-Australia merupakan lempeng samudra yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia ang merupakan lempeng benua. Penyusupan lempeng dimana satu di atas satu di bawah dikenal dengan istilah subduksi.

tektonik indonesia

Kondisi Tektonik Indonesia (Sumber: http://plate-tectonic.narod.ru/)

Zona subduski dari Laut Sunda naik ke atas menujuk ke arah kepulauan Maluku sampai ke philippina. Di bagian utara pulau Irian, juga terdapat lempeng Calorine yang merupakan bagian dari lempeng Pasifik yang bersubduksi ke bawah pulau Irian. Penjelasan konsisi lempeng yang saling bertemu di Indonesia dapat dilihat pada gambar di atas.

Penyebab Gempa di Indonesia

subduksi sumatra

Subduksi di Sumatra apa apabila dilihat dari sisi samping dimana ada lempeng Indo-Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia

Pada gambar di atas dapat dilihat dimana di Sumatra saja ada lempeng Indo-Autralia yang masuk ke bawah lempeng Eurasis dimana pulau Sumatra duduk.

Pergerakan lempeng secara subduksi ini menyebabkan gempa bumi yang sangat sering terjadi, terbentuknya gunung api, dan bencana lainnya.

Video di bawah ini akan menjelaskan bagaimana lempeng yang bergerak secara subduksi akan menghasilkan gempa bumi, dan memicu tsunami.

Semoga artikel tentang penyebab gempa bumi di Indonesia bermanfaat dan menambah ilmu bencana alam anda.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.