Tanah Longsor

Bencana alam tanah longsor biasanya terjadi ketika musim penghujan. Kapan terjadinya bencana alam tanah longsor ini hampir bisa dipastikan kapan dan tempatnya di kawasan perbukitan terjal dengan ketebalan lapisan tanah yang tebal. Kawasan-kawasan perbukitan terjal yang sudah gundul karena penebangan pohon merupakan salah indikasi kawasan yang rawan bencana alam tanah longsor. Dalam upaya pengurangan risiko bencana alam tanah longsor, berikut ini ada beberapa tips dan hal yang harus dilakukan sebelum, ketika, dan sesudah bencana alam tanah longsor terjadi.

Sebelum Bencana Alam Tanah Longsor

Sebelum bencana alam tanah longsor terjadi, lakukanlah hal-hal berikut ini:

  1. Hindari membangun rumah, perkantoran, pabrik, dll di kawasan yang memiliki kemiringan lereng terjal.
  2. Rencanakan sarana komunikasi dengan sesama anggota keluarga baik itu menyedian HP, WT, HT dan saranan komunikasi lainnya.
  3. Tentukan tempat yang aman untuk berkumpul apabila bencana alam tanah longsor terjadi.
  4. Siapkan perlengkapan darurat dalam Tas Siaga Bencana.
  5. Melakukan Town Watching atau berkeliling tempat anda tinggal dan mengamati kawasan-kawasan yang berbahaya dan kawasan-kawasan yang aman apabilan bencana alam tanah longsor terjadi.
  6. Perkuat tebing di kawasan anda tinggal dengan retaining wall atau metode penguatan tebing lainnya.
  7. Kenali tanda-tanda akan terjadinya tanah longsor.

Ketika Bencana Alam Tanah Longsor

Apabila anda sudah melakukan beberapa tips di atas dan bencana alam tanah longsor tidak dapat dihindari, maka ketika terjadi bencana alam tanah longsor, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Ketika musim penghujan tiba, tetaplah terjaga karena banyak korban tanah longsor yang terjadi pada malam hari karena mereka tertidur. Usahakan membuat jadwal piket selama musim penghujan.
  2. Dengarkan informasi terkini dari radio, jadi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor harus memiliki radio baterai.
  3. Segera menuju ke tempat evakuasi yang telah anda rencanakan sebelumnya
  4. Hindari kawasan-kawasan lebah sungai.

Setelah Bencana Alam Tanah Longsor

Setelah bencana alam tanah longsor terjadi, berikut ini hal-hal yang harus anda lakukan:

  1. Tetap menjauh dari kawasan bekas tanah longsor.
  2. Mendengarkan informasi melalui radio untuk mendapat kondisi terkini tentang kejadian bencana alam tanah longsor yang melanda kawasan anda.
  3. Lakukan pertolongan kepada orang lain yang menjadi korban bencana alam tanah longsor.
  4. Apabila anda melihat kawasan-kawasan yang rusak parah seperti jalan dan jembatan yang putus, segera laporkan kepada pihak yang berwenang. Informasi anda sangat bermanfaat dalam tindakan penyaluran bantuan dan pihak terkait bisa memikirkan jalur alternatif.

Semoga beberapa tip menghadapi bencana alam tanah longsor ini bermanfaat dan Salam Siaga.