Dapatkah Gempa Bumi Diprediksi?

15 comments 11818 views

Dalam beberapa hari terakhir, masyarakat Sumatra bagian utara ditakutkan dengan SMS yang beredar tentang prediksi gempa bumi besar. Konon katanya dalam SMS yang beredar dari HP ke HP dan BB ke BB, dituliskan sampai 12 Sr (skala richter). Saya tidak bisa membayangkan skala gempa 12 Sr, untuk info kawan-kawan saja bahwa skala 12 Sr = 1000 kali skala 9 Sr artinya gempanya sampai 1000 kali lebih kuat dari gempa 26 desember 2004??…….wah ada2 saja ini sms.

Dalam tulisan ini, saya tidak membahas tentang skala gempa bumi tapi lebih mau membahas tentang prediksi gempa yang sudah meresahkan warga. Untuk mengenal skala gempa bumi, pembaca bisa klik link ini https://www.ibnurusydy.com/mengenal-gelombang-gempa-dan-manfaatnya/

Prediksi Gempa

Seseorang dikatakan bisa melakukan prediksi gempa apabila bisa menentukan dengan tepat 4 Dimensi sumber gempa (x,y,z,t) atau bisa menentukan dengan tepat Longitud/Bujur (x), Latitud/Lintang (y), kedalaman (z) dan waktu (t) atau bahasanya kita simpelkan menjadi dia tahu  dengan tepat dimana dan kapan terjadinya gempa tersebut. Apakah sampai saat ini ada ahli Seismologi yang mampu melakukan prediksi gempa?? yang bisa dilakukan sekarang adalah mengetahui episenter gempa setelah terjadi gempa dan bukan sebelum gempa. Info gempa terkini dapat dilihat link ini, Gempa Terkini BMKG.

Dengan tegas penulis katakan bahwa sampai saat ini belum ada satupun ahli seismologi (gempa) yang mampu melakukan prediksi gempa dengan tepat. Yang mampu mereka perkirakan adalah suatu kawasan yang bakal terjadinya gempa dalam jangka waktu tertentu, tanggal berapa dan jam berapa tepatnya tidak bisa dijawab. Contoh yang paling sederhana pernah saya tulis dalam website ini juga tentang Seismis Gap. Saat ini para ahli gempa mencoba mencari kawasan yang memiliki potensi gempa dari gap-gap gempa yang pernah terjadi sejak 30-100 tahun yang lalu. Kawasan yang jarang terjadinya gempa diperkirakan akan terjadi gempa, namun kapan tepatnya akan terjadi, tidak ada satu ahli gempa pun yang tahu.

SMS Menyesatkan

Beberapa hari belakangan ini, masyarakat Sumatra bagian utara khususnya wilayah Aceh diresahkan dengan beredarnya sms akan terjadinya gempa pada sore hari dengan skala 12 Sr. SMS ini merupakan sms sesat lagi menyesatkan, penulis sangat mengharapkan agar masyarakat yang menerima SMS ini tidak perlu risau dan kuatir dan jangan meneruskan SMS ini ke kerabatnya. SMS ini dikatakan sesat dan menyesatkan karena tidak ada bukti ilmiahnya dan dikirim oleh orang-orang yang tidak ingin melihat kita hidup dalam kedamaian.

Mari Siaga Gempa Bumi

Setelah gempa 11 April 2012, beberapa pakar memperkirakan akan ada gempa lagi di wilayah Sumatra bagian barat, namun kapan tepatnya akan terjadi tidak ada yang tahu. Walaupun masih ada potensi gempa, sebenarnya kita masyarakat tidak perlu takut dan kuatir karena Tidak Ada Gempa yang Membunuh, yang membunuh adalah reruntuhan bangunan karena gempa bumi dan tsunami. Tentu kawan-kawan masih ingat gempa 26 Desember 2004 dengan skala 9,1 Sr. Adakah gempa tersebut membunuh warga Aceh?? saya rasa tidak ada satupun warga yang meninggal karena gempa tapi banyak warga yang meninggal karena effect setelah gempa yaitu Tsunami Aceh. Jadi warga tidak perlu takut akan gempa dan jangan terpengaruh dengan SMS yang tidak jelas sumbernya. Namun apabila dalam 1-100 tahun ke depan ada gempa di atas 8 Sr, maka masyarakat harus menjauhi kawasan pinggir pantai. Tidak perlu menunggu sirine (warning) karena gempa utama (mainshock) yang besar sudah merupakan warning (peringatan)

Semoga masyarakat kita makin bijak dalam menerima dan merespon setiap informasi dan tidak mempercayai prediksi gempa dan info yang tidak benar menyangkut tentang bencana alam.

author
Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.
15 Responses
  1. author

    anonim7 years ago

    Lucu kali ya bagian akhirnya tu? Sok lucu

  2. author

    mardirul7 years ago

    Terimakasih atas ulasannya.. Semoga menjadi tambahan wawasan bagi kita. Semoga kita semua dalam lindungan Allah swt..amien

  3. author

    Dwi7 years ago

    Terima kasih mas, atas postingannya… Sangat menyegarkan pikirin, saya berharap juga masyarakat bisa lebih bijak menerima informasi, dan yang paling penting masyarakat kita harus selalu waspada dalam kondisi apapun…

  4. author

    tony.ngutra7 years ago

    Terima kasih banyak atas informasinya

  5. author

    muttaqin7 years ago

    terima ksh bg tas info’a………

  6. author

    halim punge7 years ago

    Mohon Izin copas

  7. author

    sofia7 years ago

    Mencerahkan pemikiran tentang gempa, mantap!!, thanks 🙂

  8. author
    Author

    Ibnu Rusydy7 years ago

    Dipersilahkan untuk dicopas tapi sumber aslinya tetap disebutkan ya..!!

  9. author

    ecy7 years ago

    Mksih,
    Atas pmbrithuannya.jdi,resah_a udh ilang nie

  10. author

    faisal ilyas7 years ago

    informasi mantap, melegakan, semoga dapat mendamaikan hati

  11. author

    teuku zoel7 years ago

    mantap…. insyaALLAH kita selalu dilindungiNYA…..dan janganlah resah tetap semangat untuk menjalani hidup ini

  12. author

    yusri sulaiman7 years ago

    info yg bagus, fahamilah jika kita mgaku diri muslim dan beriman maka jgnlah percaya pada berita yg tak jelas asal usulnya, bukankah yg mnentukan hidup mati dan apapun di dunia ini hanyalah ALLAH, kun faya kun semua adalah kehendaknya, issue prediksi yang mnentukan sebuah peristiwa adalah perbuatan bodoh dan lebih bodoh lagi jika mpercayainya, smoga ALLAH senantiasa mlindungi kita, tksh u saudaraku yg mnuliskan ini pada blognya smoga bermanfaa n ditunggu tulisan berikutnya

  13. author

    Raind Indra7 years ago

    itu kabar hanya motif untuk sebagian orang yg tidak bertanggung jawab melakukan kejahatannya. alias maling /penjarahan

  14. author

    Ulfah7 years ago

    saya heran, kenapa beberapa detik atau menit setelah gempa 11 April lalu di Banda Aceh orang malah berani mendekati Krueng Lamnyong. padahal jika tsunami terjadi, mereka tak kan sempat melarikan diri. padahal sudah ada pengalaman dan informasi. fenomena apa itu?

  15. Tentang Peta Gempa Indonesia Terbaru Edisi SNI 1726 2012 | Achmad Syaiful Makmur3 years ago

    […] yang lebih akurat agar bangunan menjadi lebih handal (reliable) pada saat mengalami gempa rencana (Ibnu Rusydy : Dapatkah Gempa Diprediksi?). Gempa sendiri adalah fenomena alam yang belum sepenuhnya dipahami, sangat banyak variable yang […]

Leave a reply "Dapatkah Gempa Bumi Diprediksi?"