Menghadapi Corona, Lebih Baik Bereaksi Berlebihan Daripada Diam

Prof. Xifeng Wu, MD, PhD seorang Dekan dan Professor di School of Public Health, Zhejiang University, Hangzhou, China berbagi kepada kita bagaimana cara China menghadapi wabah Covid-19.

Beliau menekankan bahwa cara terbaik dalam menghadapi wabah adalah dengan menaruk kepercayaan yang tinggi kepada ilmu pengetahuan dan orang yang ahli di bidang virologi atau kesehatan masyarakat, dan itu yang dilakukan oleh pemerintah Republik Rakyat China (RRC).

Grafik perkembangan virus Corona di RRC

Selain itu, beliau juga menekankan perlunya reaksi individu untuk mengurangi penyebaran virus dan bukannya diam saja (pasrah).

Belajar dari pengalaman RRC, dari lebih dari 40.000 orang terinfeksi, cuma 20% pasien yang memerlukan penanganan serius dari pihak rumah sakit dan tenaga kesehatan, sekitar 80%-nya tidak memerlukan penangganan (medical treatment).

Keputusan Cepat dan Tepat

Menurut Prof. Xifeng, provinsi Zhejiang merupakan provinsi pertama yang langsung memberlakukan kondisi darurat pada awal-awal wabah Covid-19 menyebar di RRC.

Pemerintah provinsi Zheijiang dengan berani mengambil keputusan yang “Cepat, Tepat Waktunya, Tepat Tempatnya, dan Tepat Orangnya”. Berikut ini beberapa keputusan atau reaksi “cepat dan tepat” pemerintah provinsi Zheiyang yang terasa berlebihan namun mampu mengurangi penyebaran wabah tersebut sedini mungkin.

  1. Menyediakan petunjuk yang jelas tentang Lock-down yang diberlakukan di kota mereka.
  2. Memastikan posisi masing-masing individu, rumah, apartemen, komunitas masyarakat, organisasi, dan fasilitas public bisa di-tracking dengan pasti sehingga ini akan sangat membantu pemerintah dalam melacak setiap pergerakan yang ada di kota mereka.
  3. Memastikan suplai makanan masyarakat tetap terpenuhi dan ini dikontrol oleh pemerintah.
  4. Membentuk rumah sakit rujukan dan memastikan rumah sakit tersebut memiliki fasilitas untuk mengisolasi, memonitor, dan mengobati pasien yang positif Covid-19.
  5. Membentuk sistem perekaman dan pelacakan secara elektronik untuk memudahkan Tim Respon Cepat menangani pasien non-stop (7 Hari, 24 Jam).
  6. Sistem pelaporan yang terpusat sehingga masyarakat mudah dalam mendapatkan informasi terbaru terkait perkembangan wabah Covid-19.

Beberapa aksi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Zheiyang sudah ada yang kita adopsi, namun memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana lebih penting.

Aksi Tambahan Melawan Corona

Selain itu, Prof. Xifeng Wu juga menggaris bawahi pentingnya, kecepatan dan akurasi dalam mengindentifikasi pasien positif Covid-19.

Big data dan sistem informasi teknologi juga harus dikembangkan serta didukung oleh sumberdaya tenaga medis yang memadai dan terlindungi.

Prof. Xifeng Wu juga menekankan perlu adanya upaya pencegahan dalam sebuah komunitas masyarakat, sekolah, tempat kerja, dan rumah untuk mengurangi penyebaran wabah Covid-19.

Semoga kita semua terhindar dari wabah virus Corona dan artike tentang Cara Bereaksi Terhadap Virus Corona ini bermanfaat.

Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2020/03/coronavirus-covid-19-hangzhou-zhejiang-government-response

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.

Leave a Reply