Penyebab Longsoran Batu di Km 132 Aceh Jaya

Selama musim penghujan kejadian longsor baik itu longsoran tanah atau longsoran batu sering kali melanda kawasan Aceh.

Kejadian longsor batu di Km 132 Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya mengingatkan kita bahwa bencana longsor masih mengancam kita.

Bencana ini juga harus menyadarkan kita bahwa tidak semua lereng batu aman ketika dipotong untuk dibuatkan jalan.

Penyebab Longsor Batu

Longsor batu sangat dipengaruhi oleh bidang diskontinuitas yang terdapat pada batuan. Bidang diskontinuitas batuan adalah bidang-bidang retakan yang terdapat pada batuan.

Bidang diskontinuitas ini bisa berupa perlapisan antar batuan, kekar, patahan dan rekahan. Selain itu, kekasaran batuan, bukaan rekahan, panjang retakan, material pengisi retakan, tingkat pelapukan batuan, dan beberapa factor geologi lain juga mempengaruhi tingkat kestabilan lereng batu dan kualitas batuan pembentuk lereng.

Baca Juga: Apa Penyebab Tanah Longsor Di Indonesia?

Longsoran longsoran batu yang banyak terjadi di Indonesia adalah longsoran batu jenis planar/pergerakan blok, baji, dan gulingan.

pelapukan dan longsor

Batuan dasar yang kedap air bisa menjadi bidang gelincir (Sumber gambar: http://geologylearn.blogspot.co.id/)

Untuk kasus longsor di kawasan gunung Cuencrang desa Sawang, Kabupaten Aceh Jaya kali ini, berdasarkan analisis foto-foto yang beredar, kemungkinan longsorannya jenis planar.

Longsoran jenis planar ini terjadi apabilan bidang rekahan batuan searah dengan arah lereng. Searahnya bidang rekahan batuan dengan arah lereng akan membuat batuan pembentuk lereng meluncur keluar dari lereng dengan mudah.

Cara Mengatasi Longsoran Batu

Untuk menganalisis kestabilan lereng batu di sepanjang jalan di Aceh, saya merekomendasikan untuk dilakukan analisis terperinci struktur batuan pembentuk lereng sehingga nantinya akan diketahui mana-mana saja kawasan lereng batu yang tidak stabil dan harus dikuatkan.

Contoh analisis kestabilan lereng batu yang pernah saya tulis dalam artikel “Analisis Kestabilan Lereng Batu Di Jalan Raya Lhoknga Km 17,8 Kabupaten Aceh Besar, artikel tersebut sudah dipublikan oleh Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan LIPI pada bulan Desember 2017 lalu.

 Baca Juga: Ini Dia Cara Memperkuat Lereng Agar Tidak Longsor

penanganan longsorBeberapa metode pengkuatan lereng batu yang bisa dilakukan adalah dengan memasang rock bolt (baut batu) untuk memperkokoh lereng dan menyatukan batuan supaya tidak mudah jatuh.

Beberapa cara penanganan longsor yang bisa dilakukan untuk prevensi tanah longsor (Sumber gambar: http://geologylearn.blogspot.co.id/2015/12/how-can-we-protect-against-mass.html)

Rockbolt ini juga bisa memperkuat kuat geser batu di sebuah lereng. Selain pemasangan rock bolt, pada beberapa lereng batu tersebut harus dilakukan rock removal atau menurunkan bongkahan-bongkahan batu yang diperkirakan akan jatuh di masa yang akan datang.

Selain itu, kita mengharapkan masyarakat kita bisa memahami tanda-tanda akan terjadinya tanah longsor. Pengetahuan mengenal tanda-tanda akan terjadinya tanah longsor akan mampu meminimalisir risiko bencana tanah longsor

Baca Juga: 9 Tanda Kawasan Rawan Longsor

Video Pengetahuan Longsor

Animasi Penyebab Longsor di Hongkong-1972

Banjir Bandang dan Upaya Mitigasi

Semoga artikel tentang penyebab longsor batu Aceh Jaya ini bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.