Patahan Palu-Koro yang Menerus ke Laut dan Memicu Tsunami

Pada tanggal 28 September 2018, gempa dengan magnitudo 7,5 Mw memicu tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi.

Tsunami Palu masih menyimpan banyak misteri bagi peneliti ilmu Kebumian, terlebih mekanisme fokal gempa Palu ini bersumber dari patahan geser Palu-Koro.

Biasanya, sebuah gempa dengan sumber patahan geser (strike slip) sangat jarang menimbulkan tsunami.

Pada tanggal 11 April 2012, kawasan lautan Aceh pernah mengalami gempa dengan sumber patahan geser. Gempa Aceh 11 April 2012 tersebut, tidak menimbulkan tsunami.

Apa yang terjadi dengan Patahan Palu-Koro sehingga menimbulkan tsunami?

Batimetri Detail Selat Sulawesi

Prof. Robert Hall mempublikasikan sebuah peta batrimetri detail Selat Sulawesi. Peta tersebut beliau ambil dari TGS dan GeoData Ventures.

batrimetri laut sulawesi

Batimetri Selat Palu yang dipublikasikan ole Prof. Prof. Robert Hall berdasarkan data dari TGS dan GeoData Ventures.

patahan palu koro di laut

Dugaan patahan Palu Koro di selat Sulawesi

Pada peta batimetri di atas sangat jelas terlihat kemenerusan patahan Palu-Koro di dasar laut. Patahan Palu-Koro merupakan patahan geser kiri.

Di daratan, kejadian gempa tanggal 28 September 2018 menyebabkan kawasan Palu dan sekitarnya bergeser rata-rata 4 – 6 meter ke arah utara.

Kenampakan dugaan patahan yang menerus ke laut dari teluk Palu saya tandai dengan garis berwarna merah.

Dari peta batimetri sepanjang patahan terlihat ada kawasan yang memiliki kemiringan lereng yang sangat tinggi.

selain itu, kawasan yang dekat pantai juga banyak terdapat endapan sedimen yang baru. Endapan yang baru terendapkan akan sangat lunak dan mudah untuk bergerak.

Tingkat kemiringan lereng yang sangat tinggi yang terbentuk sepanjang patahan akan meningkatkan kemungkinan terjadinya tanah longsor.

Gempa bumi mampu memicu tanah longsor bawah laut dan longsor tersebut akan memicu tsunami.

Tsunami yang Dipicu Tanah Longsor

Tsunami yang dipicu oleh tanah longsor sangat dimungkinkan terjadi. Kejadian akibat pernah terjadi di beberapa tempat, salah satunya di Haiti. Tsunami Haiti yang terjadi pada tahun 2010, dipicu karena terjadi longsor di pinggir pantai.

Tsunami yang terjadi akibat longsor ini sering kali di luar dugaan. Seperti tsunami Haiti 2010, gempanya bersumber dari patahan yang berada di darat dan semua ilmuan tidak memperkirakan akan terjadinya tsunami.

Bagaimana longsor memicu tsunami, silahkan nonton Video yang saya ambil dari Youtube di bawah ini.

Setelah melihat fenomena tanah longsor yang bisa memicu tsunami, bisakah kawasan yang berpotensi terjadinya tanah longsor tersebut dideteksi? saya menyarakan membaca artikel saya tentang “Bisakan Potensi Longsor Bawah Laut dideteksi?

Semoga artikel tentang patahan Palu Koro di Laut ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bencana alam kita.

Tags:
author

Author: 

Saya Ibnu Rusydy, Pecinta, pelajar dan pengajar Ilmu Kebumian yang lahir di Aceh-Indonesia. Saat ini saya tergabung dalam Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Komisaris Wilayah Aceh (id: IBN-RUSYD-150) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Aceh (Npa: 4658). Apabila menyukai artikel yang saya tulis, silahkan sebarkan ke kawan-kawan anda.